Drama Politik Jelang Pengumuman Calon Gubernur Riau 2024 : PKS Pilih Siapa, SF Hariyanto atau Syamsuar, Siapa Paling Kuat? Tunggu Kejutannya Besok

Drama Politik  Jelang Pengumuman Calon Gubernur Riau 2024 : PKS Pilih Siapa, SF Hariyanto atau Syamsuar, Siapa Paling Kuat? Tunggu Kejutannya Besok
Illustrasi Pemilu./(ist)

SELARASRIAU.COM - Jelang pengumuman siapa yang akan diusung PKS sebagai bakal calon gubernur Riau dalam Pilkada serentak 2024 mendatang semakin menarik untuk diikuti dan ditunggu-tunggu. Wajar saja, sebab nama yang nanti akan diusung oleh PKS sangat berpengaruh kemana arah koalisi Pilgub Riau 2024.

Punya 10 kursi di parlemen menjadi kan partai berlambang padi dan bulan sabit ini bisa menjadi penentu arah koalisi Pilgub Riau. Artinya pasangan calon yang diusung oleh partai ini hanya tinggal mencari tambahan 3 kursi lagi. Sebab syarat minimal kursi untuk mengusung satu pasangan calon di Pilgub Riau 13 kursi.

Berdasarkan keterangan Ketua Penjaringan Pilkada DPW PKS Riau Markarius Anwar pekan lalu, dijadwalkan Rabu (17/7/2024) besok, PKS akan mengumumkan nama bakal calon gubernur Riau yang akan diusung oleh PKS di Pilkada Serentak 2024 mendatang.

"Karena biasanya setiap hari Rabu," kata Markarius Anwar pekan lalu menjawab pertanyaan media terkait kapan PKS akan mengumumkan calon gubernur Riau yang akan diusung dalam Pilkada serentak November 2024 mendatang.

Sehari jelang pengumuman bakal calon gubernur Riau yang akan diusung oleh PKS, sejumlah spekulasi pun muncul. Namun tidak jauh berbeda dengan prediksi dan analisa sebelumnya.

Nama Pj Gubernur Riau Nama SF Hariyanto semakin menguat jelang pelaksanaan Pilkada serentak 2024. Pria yang menjabat sebagai Pj Gubernur Riau ini digadang-gadangkan bakal maju dalam bursa pemilihan gubernur Riau 2024.

Meski sejauh ini memang belum ada partai yang resmi mengusung dirinya sebagai bakal calon gubernur Riau, namun kalau melihat track record dan jaringanya yang luas bukan tidak mungkin partai-partai besar bakal bermanuver dan berbalik mendukung SF Hariyanto.

Sejauh ini Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara gamblang sudah memanggil SF Hariyanto sebagai salah satu dari beberapa calon yang bakal diusung oleh PKS dalam Pilkada serentak 2024 mendatang. Padahal SF Hariyanto tidak ikut mendaftar dalam penjaringan di partai berlambang padi dan bulan sabit ini.

"Yang jelas semua calon sudah dipanggil. Tinggal menunggu keputusan, harusnya hari ini tapi ditunda. Semua calon yang diusulkan termasuk pak SF Hariyanto sudah dipanggil minggu lalu," kata Ketua Penjaringan Pilkada DPW PKS Riau Markarius Anwar, Rabu (10/7/2024) pekan lalu.

Lalu Bagaimana dengan Syamsuar
PKS sebenarnya sudah lama diintai oleh Syamsuar. Mantan Gubernur Riau ini sangat ingin berkoalisi dengan PKS dengan menggandeng ulama Riau, Ustadz Mawardi Saleh sebagai wakilnya. Sebab Golkar yang sudah memberikan mandat kepada Syamsuar hanya memiliki 10 kursi. Sehingga harus berkoalisi dengan partai lain untuk mencukupi syarat minimal 13 kursi.

Jadi tidak berlebihan rasanya jika publik di Riau sangat menunggu-nunggu pengumuman resmi siapa yang bakal diusung oleh PKS dalam Pilgub Riau. Apakah PKS akan memasangkan Syamsuar - Ustadz Mawardi Saleh atau justru akan mengusung SF Hariyanto yang namanya sudah terlanjur disebut sebagai salah satu kandidat yang dipanggil oleh DPP.

Alternatif Calon Lain
Selain SF Hariyanto dan Syamsuar, bisa saja PKS menyodorkan kadernya sendiri pada Pilgub Riau 2024 mendatang. Analisanya sederhana. Sejauh ini belum ada kandidat yang secara survei unggul signifikan antara satu tokoh dengan tokoh lain.

Kesimpulan semua kandidat yang belakangan ini muncul hasil margin eror surveinya sangat tipis. Tidak jauh berbeda angka surveinya. Kondisi ini menyulitkan parpol untuk memutuskan dengan mantap dan cepat siapa calon yang akan diusung.

Jadi bisa saja nanti PKS akan mengusung kadernya sendiri. Sejauh ini ada Sofyan Siroj yang muncul sebagai calon wakil gubernur Riau 2024 yang akan mendampingi Edy Natar Nasution sebagai calon gubernur Riau. (***)

#Politik

Index

Berita Lainnya

Index