Resmi Dibuka Mulai Hari ini, Begini Cara Mendaftar PPDB RIAU 2024 dan Ini Dokumen yang Dibutuhkan

Resmi Dibuka Mulai Hari ini, Begini Cara Mendaftar PPDB RIAU 2024 dan Ini Dokumen yang Dibutuhkan
PPDB RIAU 2024

SELARASRIAU.COM, PEKANBARU - Jangan sampai ketinggalan informasi. Dinas Pendidikan Provinsi Riau resmi mengumumkan pembukaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK Negeri di Provinsi Riau, Jumat (21/6/2024) hari ini.

Artinya mulai hari ini, peserta didik sudah bisa mulai mengupload dokumen-dokumen persyaratan PPDB melalui aplikasi yang sudah disiapkan oleh panitia. Yakni mengakses laman ppdb.riau.go.id.

"Tahapan PPDB SMA/SMK negeri di Riau sudah dimulai, para calon siswa sudah bisa mengupload dokumen," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, Roni Rakhmat, Jumat (21/6/2024).

Beberapa dokumen yang perlu disiapkan diantaranya yakni Ijazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah Program Paket B/Ijazah satuan pendidikan luar yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SMP tamatan tiga tahun terakhir.

Kemudian, surat keterangan rata-rata nilai rapor semester I-V SMP/sederajat. Usia paling tinggi 21 tahun pada 1 Juli 2024. Kartu Keluarga (KK) dan surat keterangan keabsahan dokumen.

Setelah upload dokumen, selanjutnya, pada 24-29 Juni peserta didik yang sudah mendaftar bisa memilih sekolah yang diinginkan. Khusus bagi peserta didik yang mendaftar di SMK, selain pilih sekolah, peserta didik juga harus memilih jurusan yang diinginkan.

"Khusus untuk yang mendaftar di SMK, peserta didik bisa memilih jurusan berbeda di sekolah yang sama apabila mengambil jalur di luar rangking," katanya.

Setelah memilih sekolah, pada tanggal 30 Juni 2024 tahapan PPDB masuk ke proses rekonsiliasi data.

"Sesuai jadwal pada tanggal 1 Juli 2024 kita akan umumkan penetapan hasil seleksi PPDB Riau tahun 2024 untuk tingkat SMA dan SMK negeri di Provinsi Riau," tutupnya. (***)

#Pendidikan

Index

Berita Lainnya

Index