Taman Kenangan: Tempat Wisata Malam yang Populer di Pangkalan Kerinci

Taman Kenangan: Tempat Wisata Malam yang Populer di Pangkalan Kerinci
Taman Kenangan berlokasi di tepi Jalan Lintas Timur (Jalintim), Pangkalan Kerinci, Pelalawan./(ist)

SelarasRiau.com - Taman Kenangan yang terletak di Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, kini menjadi destinasi wisata malam yang populer di kalangan masyarakat. Sejak diresmikan pada 8 Maret lalu, taman ini terus menarik perhatian warga, terutama pada malam hari. Tidak hanya pada hari libur, hampir setiap hari, taman ini dipadati pengunjung.

Berlokasi di tepi Jalan Lintas Timur (Jalintim), Pangkalan Kerinci,  Pelalawan, Taman Kenangan memanjang dari depan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 hingga ke Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Pangkalan Kerinci. Desain modern dan kekinian taman ini menjadikannya tempat ideal untuk menikmati malam di ibukota Kabupaten Pelalawan.

Taman Kenangan menjadi lokasi pertama di daerah tersebut dengan konsep serupa taman-taman di kota besar seperti Bandung, Jakarta, dan Jogja. Seluruh area taman dihiasi dengan lampu warna-warni dan tiang lampu klasik. Terdapat belasan tempat duduk bundar dari beton yang tersusun rapi, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Di samping itu, taman ini juga dilengkapi dengan tempat duduk kayu di tepi taman dan meja serta kursi besi yang mirip dengan café-café di bagian tengah. Ketersediaan tempat duduk yang melimpah membuat kapasitas taman semakin besar.

Salah satu daya tarik utama Taman Kenangan adalah deretan penjual makanan, minuman, dan jajanan khas. Gerobak kayu modern yang seragam ditempatkan oleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan untuk para pedagang yang terdaftar. Jajanan dan minuman yang tersedia disukai oleh anak muda maupun anak-anak, dengan harga yang terjangkau.

Banyaknya permainan anak-anak, seperti penjaja balon, melukis, dan bermain pasir, juga menjadi daya tarik tersendiri. "Setiap lewat dari jalan ini, anak pasti minta bermain di Taman Kenangan. Karena banyak anak-anak lain, bisa jadi teman bermainnya," ujar seorang warga.

Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan, kendaraan sepeda motor dan mobil tidak diperbolehkan parkir di tepi jalan. Semua kendaraan diarahkan untuk parkir di pekarangan SMPN 1 dan SMAN 1 Pangkalan Kerinci, sehingga ruang bermain di taman tetap luas dan arus lalu lintas tidak terganggu.

Taman Kenangan mulai dibangun oleh Pemda Pelalawan sejak tahun 2022 dan selesai pada tahun 2023. Setelah diresmikan, taman ini menjadi pusat kegiatan dan keramaian malam hari di Pangkalan Kerinci, memberikan kesempatan bagi warga untuk bersantai tanpa harus pergi jauh ke Kota Pekanbaru atau Kabupaten Siak. (***)

#Wisata

Index

Berita Lainnya

Index