Kalkulasi Politik PAN di Pilgub Riau 2024: Strategi menuju Kemenangan dengan M. Nasir atau SF Hariyanto ?

Kalkulasi Politik PAN di Pilgub Riau 2024: Strategi menuju Kemenangan dengan M. Nasir atau SF Hariyanto ?
Illustrasi kursi kosong. /(ist)

SELARASRIAU.COM - Jelang pelaksanaan Pilkada serentak November 2024 mendatang, komunikasi antar partai politik dan bakal calon gubernur Riau 2024 semakin intens dilakukan. Sebab semua parpol harus berkoalisi dengan partai lain untuk mencukupi minimal 13 kursi agar bisa mengusung pasangan calon gubernur Riau untuk bertarung di Pilkada serentak nanti.

Sejauh ini baru beberapa partai saja yang sudah mengeluarkan rekomendasi mengusung bakal calon untuk maju di Pilgub Riau 2024. Sebut saja Golkar dengan kekuatan 10 kursi memberikan mandat kepada Syamsuar untuk maju di Pilkada Riau. Kemudian Demokrat (8 kursi), PPP (1 kursi) serta PSI (0 kursi) mengusung pasangan bakal gubernur Riau 2024, M. Nasir - HM Wardan dalam Pilgub Riau 2024 nanti.

Terakhir, PKB memberikan rekomendasi kepada kadernya sendiri yakni Abdul Wahid untuk maju dalam Pilkada serentak di Riau. Meskipun ada banyak pihak yang menyebut, jika PKB pada akhirnya nanti diprediksi akan berlabuh ke sosok SF Hariyanto yang saat ini menjabat sebagai Pj Gubernur Riau.

Lalu bagaimana dengan  Partai Amanat Nasional (PAN) ?
Punya 5 Kursi di DPRD Riau, partai berlambang matahari ini juga menarik untuk dilirik. Sebab beberapa partai besar (seperti Golkar, Demokrat yang sudah mengusung calon) jika bisa berkoalisi dengan PAN sudah cukup untuk mengusung pasangan maju di Pilgub Riau.

Jadi tidak heran jika PAN juga banyak diincar oleh calon gubernur Riau, termasuk juga antar parpol untuk menjalin koalisi untuk mencukupi syarat minimal kursi dalam Pilkada serentak nanti.

Kesiapa PAN Akan Berlabuh ?
Jika melihat isu yang berkembang saat ini, PAN diprediksi akan berlabuh ke M. Nasir. Pertimbangan, tim Penjaringan DPP PAN telah mengeluarkan surat rekomendasi. Ada empat bakal calon Gubernur Riau yang diberikan oleh PAN untuk maju  di Pilgub Riau. Dari empat nama itu di dalamnya ada nama M Nasir. Sementara tiga nama lainnya adalah Eddy Natar Nasution, Syamsurizal dan Irvan Herman yang merupakan kader mereka sendiri.

"Informasi yang kita dapat dari DPP, untuk Pilgub Riau masih cair dan belum mengerucut siapa nama yang akan diusung PAN. Kita masih melihat perkembangan pada akhir bulan Juli ini. Juga akan dilihat hasil survei nanti," kata Tim Penjaringan Desk Pilkada DPW PAN Riau yang juga Wakil Ketua DPW PAN Riau Makmur Kasim pekan lalu.

Mungkinkah PAN Akan Mengusung SF Hariyanto ?
Melihat pergerakan SF Hariyanto yang masif ditambah jabatanya sebagai Pj Gubernur Riau, bukan tidak mungkin PAN akan berbalik arah mendukung SF Hariyanto dalam Pilkada Riau 2024 nanti. Memang SF Hariyanto tidak ikut mendaftar dalam penjaringan bakal calon gubernur Riau di PAN. Namun berkaca dari pengalaman, banyak juga partai yang mengusung pasangan calon yang sebelumnya juga tidak mendaftar saat penjaringan.

"Tapi di penjaringan DPW namanya tak ada karena tak mendaftar," kata Makmur.

4 Partai Belum Keluarkan Rekomendasi
PAN tak sendirian, sebab hingga saat ini selain PAN (5 kursi) masih ada sederet partai besar yang juga belum menentukan sikapnya siapa bakal calon gubernur riau yang akan dijagokan dalam bursa pemilihan gubernur 2024 mendatang. Sebut saja, Partai Gerindra (8 kursi) PDIP (11 kursi) dan PKS (10 kursi). Publik di Riau masih menunggu-nunggu siapa bakal calon yang akan diusung oleh partai ini. (***)

#Politik

Index

Berita Lainnya

Index