PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN DASAR PENGEMBANGAN PENDIDIKAN INDONESIA

PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN DASAR PENGEMBANGAN PENDIDIKAN INDONESIA

PEKANBARU, SELARASRIAU.COMIndonesia merupakan negara yang memiliki Pancasila sebagai Dasar Kenegaraan yang kemudian menjadi dasar pengembangan pendidikan di Indonesia. 5 sila pada Pancasila harus mampu diimplementasikan sebagai dasar pengembangan pendidikan di Indonesia.

Ketuhanan Yang Maha Esa memperlihatkan bahwa pendidikan keagamaan harus ada pada setiap institusi pendidikan. Dan konten keilmuan pada pelajaran selain pelajaran agama, harus diintegrasikan dengan konten agama untuk menghasilkan sinergi dalam pengembangan pendidikan masyarakat Indonesia.

Kemanusiaan yang adil dan beradab memperlihatkan bahwa pendidikan adab atau etika tidak boleh dihilangkan dari setiap konten keilmuan sehingga pembentukan karakter manusia Indonesia yang beradab tetap berkelanjutan serta menyentuh seluruh masyarakat Indonesia. 

Persatuan Indonesia memperlihatkan bahwa pendidikan yang diberlakukan di Indonesia harus mampu menyatukan seluruh elemen bangsa Indonesia tanpa terkecuali. Pendidikan yang tidak mampu menyatakan seluruh elemen bangsa Indonesia tidak boleh diberlakukan karena bertentangan dengan dasar negara.

Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan memperlihatkan bahwa melakukan musyawarah untuk mendapatkan kebijaksanaan saat mengampil keputusan merupakan bagian dari pengembangan pendidikan Indonesia. Pada sila ke – 4 ini terlihat bahwa para pendiri bangsa telah menetapkan garis musyawarah harus dilakukan untuk menghasilkan kebijaksanaan yang akan memimpin rakyat Indonesia.

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan demikian, tidak ada 1 pun masyarakat Indonesia yang tidak mendapatkan kesempatan pendidikan dengan adil. Tidak boleh ada perbedaan yang dirasakan oleh setiap elemen bangsa Indonesia dalam menjalani proses pendidikan.

Indonesia adalah negara yang indah dengan dasar negara yang kuat.

 

Penulis: Rahmad Al Rian

#Pendidikan

Index

Berita Lainnya

Index