Gilbert Liean Wu, Siswa Darma Yudha Pekanbaru Sumbangkan Medali Perunggu untuk Indonesia di IEO 2024

Gilbert Liean Wu, Siswa Darma Yudha Pekanbaru Sumbangkan Medali Perunggu untuk Indonesia di IEO 2024
Gilbert Liean Wu dan Medali perunggu nya./(ist)

SELARASRIAU.COM - Gilbert Liean Wu, siswa SMAS Darma Yudha Pekanbaru, berhasil meraih medali perunggu di ajang International Economic Olympiad (IEO) 2024 yang berlangsung di Hong Kong pada 22-31 Juli 2024. Prestasi ini merupakan salah satu dari empat medali yang berhasil diraih tim Indonesia.

Kedatangan Gilbert di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru disambut hangat oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, kedua orangtua, serta pimpinan sekolah SMAS Darma Yudha.

Perjuangan tim Indonesia di IEO 2024 tidaklah mudah. Mereka harus melalui tiga tahap ujian yang ketat: ujian tertulis individual tentang ekonomi, ujian literasi finansial, dan ujian kelompok terkait business case. Tim juga diharuskan mempresentasikan studi kasus bisnis di hadapan panel juri.

Gilbert mengungkapkan bahwa tim Indonesia dipersiapkan khusus untuk menghadapi materi business case. Meskipun begitu, tim harus puas sampai babak final. "Tahun ini, Indonesia berhasil mencapai babak final di business case untuk pertama kalinya, padahal sebelumnya selalu tereliminasi di babak awal," katanya.

Gilbert juga mencatat bahwa tahun ini ada sekitar 52 negara yang berpartisipasi, dengan peserta dari Kanada, Brasil, dan China Taipei menjadi lawan yang cukup berat. 

"Mereka sangat hebat dalam bahasa Inggris, yang sangat penting karena presentasi dilakukan dalam bahasa Inggris. Selain itu, tingkat ekonomi mereka juga jauh lebih tinggi dibandingkan kita," tambahnya.

Elvira Yuaningtyas dari Disdik Riau mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian Gilbert. "Kami sangat bangga dengan prestasi Gilbert yang telah berhasil menyumbangkan medali perunggu untuk Indonesia," ujar Elvira.

Selain Gilbert, tim Indonesia di IEO 2024 juga mencatatkan dua medali perak, yang diraih oleh Andrew Pratama Kho dari SMAS Kristen 6 Penabur DKI Jakarta dan Nazla Filia Adzkia Taqiya dari SMAS Pribadi Bandung. (***)

#Pendidikan

Index

Berita Lainnya

Index