Anomali di Tengah Kesempurnaan, Mengapa SD Negeri 57 Pekanbaru Kehilangan Peserta Didik?

Anomali di Tengah Kesempurnaan, Mengapa SD Negeri 57 Pekanbaru Kehilangan Peserta Didik?
Bangunan SD Negeri 57 Pekanbaru./(ist)

SELARASRIAU.COM - Fenomena menarik terjadi di SD Negeri 57 Jalan Mangga Pekanbaru. Disaat sekolah yang lain harus menolak ratusan siswa karena tidak muat daya tampungnya, di SD Negeri 57 Pekanbaru ini justru malah kekurangan murid. Anomali. Tapi itu lah fakta yang terjadi. 

Sebagai informasi, pada penerimaan peserta didik tahun ini, ternyata hanya 5 murid yang mendaftar di SD Negeri 57 Pekanbaru. Saat ini keseluruhan peserta didik di SDN 57 berjumlah 69 anak. 

Di luar dugaan, sebab jika dilihat gedung sekolah ini masih berdiri kokoh. Semua fasilitasnya lengkap dan berada di tengah jantung kota Pekanbaru.

Mengingat jumlah siswa yang terlalu sedikit, dinas pendidikan kota Pekanbaru rencananya akan menggabungkan (merger) sekolah ini ke SDN 153 Jalan Semangka Pekanbaru.

Namun mulai dari tahun 2010, peserta didik baru pada sekolah yang telah berdiri sejak tahun 1973 itu mengalami tren penurunan. SDN 57 mulai kerap dilanda banjir saat hujan lebat turun karena derasnya pembangunan gedung-gedung baru.

Sekolah pun mulai dimakan usia, sementara SDN 153 yang berada di dekat sana direnovasi menjadi lebih besar dan lebih bagus. Ditambah lagi usia produktif masyarakat sekitar yang sedikit membuat SDN 57 sepi peminat.

"Faktor bangunan juga, berada di gang sempit dan penduduk sini yang memiliki anak-anak kecil juga sudah berkurang," kata Wakil Kepala Sekolah SDN 57, Ildanoventri. (***)

#Pendidikan

Index

Berita Lainnya

Index