Tahun Ajaran Baru Dimulai, Kepala Sekolah Harus Awasi Kegiatan MPLS : Jangan Ada Bullying dan Kekerasan

Tahun Ajaran Baru Dimulai, Kepala Sekolah Harus Awasi Kegiatan MPLS : Jangan Ada Bullying dan Kekerasan
Belajar berkreasi melalui mewarnai gambar./(instagram:@sd.no.2.tuban)

SELARASRIAU.COM -  Para peserta didik baru yang lolos diterima di sekolah negeri mulai mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di sekolahnya masing-masing, Rabu (10/7/2024). Ini artinya tahun ajaran 2024/2025 resmi dimulai.

Sejumlah sekolah SD dan SMP Negeri di Pekanbaru tampak ramai. Wajah-wajah baru pun menghiasi sekolah negeri di seluruh penjuru kota ini. Ada banyak cara dalam pelaksanaan MPLS. Masing-masing sekolah punya cara sendiri.

Kendati demikian, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengingatkan sampai sampai ada siswa yang menjadi korban selama pelaksaan MPLS.

"Jangan ada kekerasan dalam pelaksanaan MPLS di sekolah," katanya.

Jamal mengingatkan seluruh kepala sekolah dan guru agar mengawasi aktivitas MPLS yang berlangsung di sekolahnya masing-masing. Ia mengimbau agar MPLS diisi dengan kegiatan yang kreatif dan edukatif.

"Misalnya dengan mengudang BNN, untuk sosialisasi bahaya narkoba, itu kan bagus," ujarnya.

Dirinya juga mengimbau agar tidak ada praktik bully atau perundungan selama pelaksanaan MPLS. Praktik perundungan bisa saja diwarnai aksi kekerasan terhadap peserta didik baru.

Jamal mengingatkan panitia MPLS jangan sampai memberi perintah kepada peserta didik baru untuk memakai atribut aneh. Ia menilai hal tersebut sangat tidak mendidik terutama bagi peserta didik baru.

"Jangan sampai pakai atribut yang aneh-aneh pula, sebab bisa saja nanti berujung ke kekerasan fisik maupun kekerasan verbal," katanya. (***)

#Pendidikan

Index

Berita Lainnya

Index