Kualitas Udara Pekanbaru Berada di Level Biru: BMKG Riau Rilis Peringatan Hujan dan Titik Panas

Kualitas Udara Pekanbaru Berada di Level Biru: BMKG Riau Rilis Peringatan Hujan dan Titik Panas
Cuaca langir di kota Pekanbaru pagi ini./(Fadhil)

SELARASRIAU.COM – Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, cuaca di Provinsi Riau pada Jumat pagi ini umumnya kabur hingga berawan.

Memasuki siang hingga sore hari, cuaca diperkirakan akan cerah berawan hingga berawan. Namun, waspada hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang mungkin terjadi di beberapa wilayah seperti Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Indragiri Hulu, Pelalawan, dan Kota Dumai.

Saat malam hari, cuaca akan kembali cerah berawan hingga berawan. Hujan ringan hingga sedang diperkirakan akan menyiram sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Siak, Kampar, dan Kota Pekanbaru. Pada dini hari, udara kabur dan berawan diprediksi akan melanda.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini untuk waspada terhadap hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang dapat disertai petir dan angin kencang. Wilayah yang berpotensi terkena hujan deras ini meliputi Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, dan Kota Dumai, terutama pada siang atau sore hari.

Di sisi lain, terpantau adanya 88 titik panas di Sumatera, dengan distribusi sebagai berikut: Jambi 26 titik, Lampung 13 titik, Sumatera Selatan 27 titik, Kepulauan Riau 2 titik, Bangka Belitung 8 titik, dan Riau 12 titik. Di Provinsi Riau sendiri, titik panas tersebar di Kabupaten Bengkalis (5 titik), Rokan Hilir (2 titik), Siak (2 titik), dan Indragiri Hilir (3 titik).

Menurut data Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, kualitas udara di Kota Pekanbaru pada pukul 07.00 WIB berada pada level biru atau sedang. (***)

#Cuaca

Index

Berita Lainnya

Index