Tol Pekanbaru – Padang Seksi Bangkinang – XIII Koto Kampar Apakah Sudah Bertarif ? Ini Penjelasan Hutama Karya

Tol Pekanbaru – Padang Seksi Bangkinang – XIII Koto Kampar Apakah Sudah Bertarif ? Ini Penjelasan Hutama Karya
Tol Pekanbaru – Padang Seksi Bangkinang - XIII Koto Kampar ./(hk)

SELARASRIAU.COM-  Bagi anda yang ingin melakukan perjalanan dari Pekanbaru - Padang atau sebaliknya, jangan khawatir. Karena hingga saat ini tol Tol Pekanbaru – Padang Seksi Bangkinang – XIII Koto Kampar masih belum bertarif alias gratis,Minggu (21/7/2024). Meski sebelumnya PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) mengumumkan akan segera memberlakukan tarif pada Tol Pekanbaru – Padang Seksi Bangkinang – XIII Koto Kampar namun hingga saat ini pemberlakuan tarif tersebut belum diterapkan. 

"Kami masih melakukan sosialisasi, nanti akan kami rilis kalau sudah resmi bertarif," kata Branch Manager Tol Permai dan Pekanbaru - Bangkinang, Jarot Seno Wibawa, Minggu (217/2024).

Jika nanti sudah berlakukan, Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk berkendara sesuai dengan tata tertib dan ketentuan yang berlaku di jalan tol. Namun sebelum tarif tol ini diberlakukan, pihak perusahaan akan memberikan sosialisasi secara masif mengenai berbagai aspek, mulai dari tata cara berkendara yang baik dan benar di jalan tol, penggunaan kartu Uang Elektronik, hingga profil dan fasilitas, serta manfaat dan peran strategis jalan tol, yang dilakukan melalui berbagai kanal komunikasi, termasuk media sosial, media konvensional, radio, dan media luar ruang (OOH) seperti VMS, spanduk, dan baliho. 

“Edukasi terkait pentingnya keselamatan menjadi yang utama, himbauan cara berkendara pengguna jalan tol agar kebiasaan baik tersebut dapat terbentuk. Terutama terkait penggunaan Kartu UE untuk mencegah terjadinya antrian,” kata Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim, Rabu (17/7/2024) lalu. 

 

Namun untuk besaran tarifnya hingga saat ini PT Hutama Karya belum merilis. Sehingga masyarakat masih bertanya-tanya berapa tarif tol ini nanti setelah diberlakukan. "Untuk besaran tarifnya belum bisa kita sampaikan, nanti akan kita rilis kalau sudah kita berlakukan," ujarnya.

Lebih lanjut, Adjib juga menyampaikan bahwa antusiasme pengguna jalan tol yang melintas selama beroperasi tanpa tarif sejak akhir Mei 2024 terhitung cukup tinggi, terlihat dari total akumulasi trafik kendaraan sebanyak 112.000 kendaraan yang melintas. 

“Hadirnya Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar memberikan manfaat yang besar untuk mobilisasi dan jalur distribusi logistik, dapat memangkas waktu perjalanan dari Bangkinang ke Koto Kampar dari semula 3 jam menjadi 1-1,5 jam saja,” kata Adjib. (***)

#Daerah

Index

Berita Lainnya

Index