UPDATE Progres Jalan Tol Pekanbaru-Rengat Sepanjang 175 Km, Terkendala Pembebasan Lahan Pemakaman

UPDATE Progres Jalan Tol Pekanbaru-Rengat Sepanjang 175 Km, Terkendala Pembebasan Lahan Pemakaman
Progres Jalan Tol Pekanbaru-Rengat Sepanjang 175 Km. /(hk)

SELARASRIAU.COM - Pembangunan jalan tol Pekanbaru-Rengat terus dikebut.  Tol Pekanbaru - Jambi seksi Pekanbaru - Rengat ini merupakan bagian dari proyek strategis nasional untuk meningkatkan infrastruktur transportasi di Provinsi Riau, terus berlanjut dengan progres yang signifikan meskipun menghadapi beberapa tantangan.

Jalan tol sepanjang 175 kilometer ini akan menjadi penghubung vital antara Jalan tol Pekanbaru-Dumai dan Pekanbaru-Padang, melintasi dua daerah penting yaitu Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Proyek ini tidak hanya diawasi oleh Kementerian PUPR, tetapi juga melibatkan berbagai pihak terkait seperti Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi Provinsi Riau, serta Pemerintah Kabupaten Kota yang terdampak pembangunan proyek tol ini.

Muhammad Firdaus, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setdaprov Provinsi Riau, menjelaskan bahwa penyelesaian pembebasan lahan masih menghadapi beberapa kendala, terutama terkait pembebasan lahan pertanian dan pemakaman.

"Pemerintah Kota Pekanbaru telah aktif dalam pendataan ahli waris untuk teknis pemindahan makam keluarga yang terdampak proyek ini," ungkap Firdaus.

Adapun terkait dengan lahan pertanian yang belum selesai ganti rugi, pihak terkait mengadopsi sistem konsinyasi melalui Pengadilan untuk memastikan kelancaran penyelesaiannya.

Dengan progres yang terus berlanjut, pembangunan jalan tol Pekanbaru-Rengat diharapkan dapat memberikan dampak positif signifikan bagi pertumbuhan ekonomi dan konektivitas di Provinsi Riau. Proyek ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam meningkatkan infrastruktur transportasi nasional yang berkelanjutan dan efisien. (***)

#Daerah

Index

Berita Lainnya

Index