Pemprov Riau Buka Penerimaan 6 Ribu CPNS dan PPPK, Ini Jadwalnya

Pemprov Riau Buka Penerimaan 6 Ribu CPNS dan PPPK, Ini Jadwalnya

PEKANBARU - Kabar gembira bagi para pencari kerja di Riau. Tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan merekrut Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) secara besar-besaran.

Tak tanggung-tanggung, total lowongan CPNS dan PPPK Pemprov Riau yang akan dibuka tahun ini mencapai 6 ribu lowongan lebih.

"Usulan penerimaan CPNS dan PPPK yang kita ajukan ke Kemenpan RB Alhamdulillah sudah disetujui. Sesuai usulan kita ada 6 ribu lebih kuota yang nanti akan kita buka seleksinya," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Ma'mun Murod, Kamis (11/7/2024).

Sebagai informasi Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 akan segera dibuka pada Juli-Agustus 2024.

Demikian disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas terkait jadwal CPNS 2024 terbaru.

Anas menyebutkan, pelaksanaan CPNS 2024 mulai dibuka pada Juli hingga Agustus 2024, dikutip dari Kompas.com.

Murod mengatakan, pada tahun ini Pemerintah Provinsi Riau akan membuka rekrutmen CPNS dan PPPK dengan total lowongan mencapai 6.440 orang. Dengan rincian, 6.360 untuk formasi PPPK dan 80 lowongan lagi untuk CPNS.

Formasi PPPK yang paling banyak itu formasi tenaga teknis 5.095 lowongan. kemudian untuk guru ada 1.114 lowongan dan untuk tenaga kesehatan ada 151 lowongan.

Murod mengatakan, 6.440 kuota PPPK dan CPNS tersebut diketahui setelah pihaknya mendapatkan surat persetujuan prinsip dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Murod, bersyukur, sebab kuota yang diberikan oleh pemerintah pusat tersebut tidak jauh berbeda dengan usulan yang disampaikan Pemprov Riau ke Kemenpan RB. Sebelumnya pihaknya mengaku mengusulkan penerimaan 6 ribu lebih PPPK ke pemerintah pusat.

Dari enam ribuan formasi PPPK yang diusulkan tersebut, masih didominasi untuk tiga formasi. Yakni tenaga guru, tenaga kesehatan dan juga tenaga teknis.

"Usulan formasi penerimaan PPPK di lingkungan Pemprov Riau untuk tahun 2024 sudah kami usulkan. Jumlahnya sekitar enam ribuan lebih. Jadi yang diusulkan tetap untuk tiga prioritas jabatan, mulai dari guru, tenaga kesehatan dan juga tenaga teknis," ujarnya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, jika tahun sebelumnya dari enam ribuan usulan PPPK tersebut didominasi guru. Sedangkan tahun ini formasi yang dibuka lebih banyak untuk posisi tenaga teknis.

"Iya, kalau untuk tahun 2024 ini, usulan tenaga PPPK lebih banyak untuk jabatan tenaga teknis," katanya.

Sebelumnya, Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto mengajak semua masyarakat Riau yang memenuhi syarat agar mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti seleksi penerimaan CASN secara besar-besaran ini. Sebab kesempatan yang sama belum tentu ada di tahun depan.

"Saya sudah minta kepada masyarakat segera persiapkan diri dengan baik, supaya nanti pas ada tes penerimaan CPNS dan PPPK ini bisa lulus semua," ujarnya. (***)

#Daerah

Index

Berita Lainnya

Index