Kemenkes Bakal Bangun Rumah Sakit Megah di Riau, Punya Tiga Tower, Pelayanan Khusus Jantung, Otak dan Ginjal

Kemenkes Bakal Bangun Rumah Sakit Megah di Riau, Punya Tiga Tower, Pelayanan Khusus Jantung, Otak dan Ginjal
Maket rencana pembangunan rumah sakit pusat otak dan jantung di Jalan Naga Sakti Panam Pekanbaru. (ist)

PEKANBARU - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia akan membangun rumah sakit raksasa di Pekanbaru. Yakni Rumah Sakit Pusat (RSP) Otak dan Jantung.

Lokasinya ada di Jalan Naga Sakti Panam tidak jauh dari Stadion Utama Riau.

Gedung rumah sakit ini nanti akan dibangun megah dan menjadi salah gedung pencakar langit di Pekanbaru.

Gedung rumah sakit pusat otak dan jantung ini didesign dengan 3 menara atau tower yang menjulang tinggi ke langit. Namun belum ditetapkan berapa lantai tinggi gedung ini.

Rumah sakit ini nanti akan menerima tiga jenis layanan. Yakni layanan penyakit jantung, otak dan Uronefrologi atau Ginjal.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Sri Sadono Mulyanto, Rabu (3/7/2024) mengatakan, saat ini perusahaan konsultan sebagai pemenang tender mulai melakukan penyusunan Detail Engineering Design (DED).

Jika tidak ada aral melintang,  awal Oktober 2024 mendatang sudah masuk ke tahap lelang konstruksi. Sementara untuk pembangunan nya ditargetkan sudah dimulai akhir 2024 mendatang.

"Targetnya akhir november atau awal desember 2024 ditargetkan sudah ground breaking," ujar Ibeng sapaan akrab Sri Sadono Mulyanto.

Ibeng mengatakan, total anggaran yang dihabiskan untuk membangun gedung dan membeli peralatan kesehatan diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp1,6 triliun. Pada tahap awal dianggarkan Rp 250 miliar untuk DED dan pembangunan awal.

Pembangunan rumah sakit tersebut menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) secara multiyears sampai tahun 2025 dan mulai dilaksanakan tahun ini.

"Kemudian tahun depan itu dianggarkan lagi untuk lanjutan pembangunan fisiknya, karena ini kan proyek multiyears, jadi tidak selesai tahun ini," sebutnya.

Jika semua tahapan berjalan sesuai rencana, pembangunan rumah sakit pusat otak dan jantung milik pemerintah pusat ini ditargetkan selesai pada Desember 2025. (***)

#Daerah

Index

Berita Lainnya

Index