Tol Bangkinang - Tanjung Alai Apakah Masih Gratis, Ini Bersaran Tarif Tol Pekanbaru - Bangkinang

Tol Bangkinang - Tanjung Alai Apakah Masih Gratis, Ini Bersaran Tarif Tol Pekanbaru - Bangkinang
Pintu Tol Bangkinang

SELARASRIAU.COM, KAMPAR - Hingga saat ini PT Hutama Karya (HK) belum memberlakukan tarif Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar. Artinya, pengendara yang melintas di tol sepanjang 24,7 Kilometer ini masih gratis.

"Iya, masih gratis, sampai ada pemberitahuan lebih lanjut," kata Branch Manager Tol Permai dan Pekanbaru - Bangkinang Jarot Seno Wibawa, Sabtu (29/6/2024).

Jarot mengatakan, pemberlakuan tarif tol Bangkinang-XIII Koto Kampar masih menunggu keputusan pemerintah pusat. Hingga saat ini tarif tol Bangkinang ke XIII Koto Kampar masih gratis.

"Kepmen terkait penetapan tarif tol Bangkinang-XIII Koto Kampar belum keluar. Kita masih menunggu itu," kata Jarot.

Seperti diketahui, Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 31 Juni 2024 lalu.

TARIF TOL PEKANBARU - BANGKINANG

Bagi masyarakat yang ingin melintas di tol ini, ari Pekanbaru masuk melalui pintu tol Sungai Pinang. Saat masuk di pintu tol sungai pinang pengendara tetap melakukan tapping kartu uang elektronik.

Bagi pengendara yang masuk dari Pekanbaru sampai ke pintu tol Pekanbaru melalui pintu tol Sungai Pinang dan keluar di pintu Tol Bangkinang, maka tetap akan di kenaikan tarif tol yang berlaku.

Namun, jika keluar ke pintu tol XIII Koto Kampar, hanya diberlakukan tarif tol Pekanbaru-Bangkinang.

“Kalau masuknya dari Sungai Pinang dikenakan tarif Sungai Pinang-Bangkinang. Ruas kita kan Pekanbaru Sungai Pinang - Bangkinang - XIII Koto Kampar, yang belum bertarif yang Bangkinang-XII Koto Kampar,” jelasnya.

Berikut tarif tol Pekanbaru - Bangkinang

Kendaraan golongan II:  Rp40.000.
Kendaraan golongan III:  Rp60.000. 
Kendaraan golongan IV:  Rp80.000.
Kendaraan golongan V:  Rp100. 000.

Dari sisi fasilitas struktur, jalan tol Bangkinang-XII Koto Kampar dilengkapi 8 unit jembatan, 1 interchange, 9 box pedestrian + box culvert, 3 overpass, dan 2 gerbang tol.

Sementara jumlah lajur pada tahap awal 2x2, dengan kecepatan rencana adalah 80 km/jam, yang dapat mengefisiensikan perjalanan pengguna jalan tol dari Bangkinang ke Koto Kampar dari 1 jam menjadi 20 - 30 menit, sementara dari Pekanbaru ke Koto Kampar dari 3 Jam menjadi 1,5 jam.(***)
 

#Daerah

Index

Berita Lainnya

Index