Direktur Kesiapsagaan BNPB Sampaiakan SFDRR Pada Seminar Nasional Relawan Garis Depan di Umri

Direktur Kesiapsagaan BNPB Sampaiakan SFDRR Pada Seminar Nasional Relawan Garis Depan di Umri
Pangarso Suryotomo selaku Direktur Kesiapsagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjadi narasumber pada Seminar Nasional Relawan Garis Depan Pemuda Ambil Peran Menjadi Relawan Garis Depan di Gedung Aula Kampus Umri pada Jum'at (24/6/2024).

PEKANBARU, SELARASRIAU.COM - Pangarso Suryotomo selaku Direktur Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjadi narasumber pada Seminar Nasional Relawan Garis Depan Pemuda Ambil Peran Menjadi Relawan Garis Depan di Gedung Aula Kampus Umri pada Jum'at (24/6/2024).

Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Muhammadiyah Riau (Mapala Umri) tampak dihadiri ratusan mahasiswa dari berbagai Kampus di Pekanbaru. Hingga ada yang dari luar kota pekanbaru seperti Institut Agama Islam Arrisalah Guntung Indragiri Hilir.

Dalam pemaparannya, Pangarso atau yang akrab dipanggil mas papang mengatakan, pemuda untuk menjadi relawan harus mengetahui perannya sebagai relawan penanggulangan bencana. Salahsatunya memiliki kemampuan dan kepedulian untuk bekerja secara suka rela dan ikhlas dalam upaya penanggulangan bencana.

Dihadapan para peserta seminar, Pangarso menambahkan terdapat tujuh target dari Kerangka Kerja Sendai atau dikenal dengan istilah Sendai Framework for Disaster Risk Reduction (SFDRR) untuk Pengurangan Risiko Bencana Tahun 2015-2030. Upaya tersebut untuk mengurangi kerusakan infrastruktur, mengurangi jumlah kerusakan akibat bencana, mengurangi jumlah penduduk terdampak bencana, dan terakhir mengurangi kematian akibat bencana.

"Sudah ratusan orang meninggal karena bencana jadi target kita belum bisa mengurangi," terangnya.

Sementara itu, peran relawan muda juga bisa meningkatkan pengurangan risiko bencana melalui ketersediaan informasi dan Early Warning System (EWS), kerjasama internasional, strategi Pengurangan Risiko Bencana (PRB) nasional dan lokal.

Lebih lanjut dalam acara seminar tersebut para peserta tampak antusias dalam mengikuti jalan nya seminar. Sebab para peserta mendapat berbagai hadiah menarik dari para narasumber. Salah Satu yang berkesan adalah par peserta mendapat buku Cara Menjadi Relawan Garis Depan secara gratis. Sebanyak 50 buku dibagikan untuk pendaftar pertama dalam acara tersebut. Selain itu peserta beruntung mendapatkan pulsa gratis dan hadiah khusus dari BNPB. (***)

#Daerah

Index

Berita Lainnya

Index