Gandeng BEM Unilak, SEMMI Riau Gelar Dialog Kebangsaan : Masyarakat Harus Cerdas Dalam Memilih Pemimpin

Gandeng BEM Unilak, SEMMI Riau Gelar Dialog Kebangsaan : Masyarakat Harus Cerdas Dalam Memilih Pemimpin
Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) Provinsi Riau berkolaborasi dengan BEM Unilak melaksanakan kegiatan dialog kebangsaan, Rabu (6/12/2023).

SELARASRIAU.COM, PEKANBARU - Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) Provinsi Riau berkolaborasi dengan BEM Unilak melaksanakan kegiatan dialog kebangsaan, Rabu (6/12/2023).

Dialog yang dilaksanakan di Aula Rektorat Kampus Unilak Rumbai, Kota Pekanbaru ini mengangkat isu yang saat ini kontrofersial dikancah nasional yaitu "Pengaruh Politik Dinasti menuju Kebobrokan Sistem Demokrasi".

Tujuan dialog dan diskusi politik ini adalah untuk membangkitkan semangat demokrasi dan menyadarkan generasi muda. Khususnya kalangan mahasiswa, agar tidak buta politik pada pemilu serentak 2024 mendatang. Sebab Daftar Pemilih Tetap (DPT) lebih dominan adalah anak muda.

Dalam diskusi ini, panitia menghadirkan tokoh muda provinsi riau seperti perwakilan KNPI Riau yaitu Rizki, S.E selaku Wakil ketua Bidang strategi dan politik KNPI Riau. Kemudian tokoh perempuan pejuang kesehatan yaitu yang biasa disebut kak Ocha untuk mempresentasikan materi tentang Pro dan Kontra Politik Dinasti.

Dialog dipandu oleh moderator Arya Maryandi eks Gubma FIB

Ide untuk mengadakan kegiatan dialog politik ini berangkat dari mirisnya melihat hasil survey dan tinjauan BEM Unilak bahwa masih banyaknya mahasiswa yang tidak tertarik bahkan buta terhadap politik serta hilangnya peran dan rasa tanggung jawab moril mahasiswa sebagai agent of control dalam meninjau jalannya pemerintahan dalam bernegara.

"Hasil dari diskusi ini akan kami jadikan sebagai kajian lebih lanjut bersama teman-teman Serikat Mahasiswa Muslimin wilayah Riau (SEMMI)," kata Plt Presiden Mahasiswa BEM Unilak, Irvan.

Dengan diselenggarakan nya diskusi ini diharapkan bisa membuahkan hasil kesepakatan. Diantaranya pembentukan forum dialog.

"Tujuannya untuk membuka wawasan mahasiswa betapa penting dan berpengaruhnya politik itu bagi kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Irvan.

Pihaknya berharap dengan terselenggaranya kegiatan diskusi ini, generasi muda di Riau paham akan pentingnya memahami berpengaruhnya politik dinasti dalam menghancurkan sistem demokrasi.

"Kami sepakat menjadi wadah dan pelopor kesadaran politik bagi generasi muda yang ada di kota pekanbaru dengan menciptakan ruang-ruang diskusi sebagai wadah bertukar ide dan menyampaikan aspirasi, dan berharap dari adanya forum dialog ini dapat menciptakan solusi untuk menjaga kesatuan NKRI bagi generasi penerus negeri," kata Rehan Sasli Ramadhan Sekretaris Umum SEMMI Riau. (***)

#Akademika

Index

Berita Lainnya

Index